Pengertian Umroh

26Jun, 2019

Arti atau pengertian umroh dalam segi bahasa yaitu berkunjung. Dimana definisi umroh yaitu dapat juga dikatakan bahwa umroh adalah suatu perbuatan yang dengan sengaja mendatangi tempat yang selalu dikunjungi. Hal ini karena umroh dapat dilakukan kapan pun, waktu tidak ditentukan.

Berbeda dengan ibadah haji yang dapat dilakukan hanya 1 kali, ibadah umroh bisa dilakukab berulang kali, akan tetapi tetap hukumnya wajib hanya 1 kali dalam seumur hidup. Jika seseorang dapat mampu melakukannya berulang kali hal tersebut diperbolehkan. Karena dalam ibadah umroh terdapat berbahgai keutamaan sebagaimana dari salah satu sabda Nabi SAW yang artinya :
“Dari umroh ke umroh adalah penghapus dosa antara keduanya”.

Selain pengertian diatas, umroh dapat disebut juga Al-Hajjul-Asghar (haji kecil), menurut bahasa berarti “berkunjung”, dan menurut istilah syar’i ialah “berkunjung ke Baitullah, untuk melakukan thawaf, sa’i, dan bercukur (tahallul) demi mengharap ridho Allah”. Berbagai tata cara yang dilakukan dalam ibadah umroh telah dicontohkan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wasalam dan kita tidak boleh mengubah-ubah sesuai keinginan kita.

 

Konsultasi untuk umroh dan hajji khusus

Konsultasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *